PosRoha

Edukasi, Membangun Kebersamaan

Dugaan “Selingkuh” Caleg, Aksi Demo Tuntut Buka Ulang C1 Plano di Medan Timur

PosRoha.com | Medan, Puluhan massa dari Aliansi Rakyat Pemerhati Pemilu Sumatera Utara (ARIPSU) melakukan aksi demo terhadap kinerja penyelenggara Pemilu (Red- KPU, Bawaslu Kota Medan) di Hotel Lee Polonia Medan, Senin (11/3/1024). Massa minta perhitungan suara ulang dan membongkar kecurangan dengan dugaan jual beli suara untuk Caleg DPRD Medan di PPK Medan Timur.

“KPU Medan harus membongkar kotak suara C1 Plano dari Medan Timur. Kita duga ada pencurian suara salah satu partai,” tandas Megah Miko selaku kordinator aksi.

Aksi protes yang dilakukan pengunjukrasa, minta proses perhitungan ulang buka C1 Plano karena dugaan selingkuh (Red – istilah geser menggeser suara antar partai). Disebutkan, salah satu partai diduga mengambil partai lain yang akhirnya merugikan Partai Gerindra.

Masih dalam aksinya, Miko minta pihak penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) jangan menghinati suara rakyat dan harus mengakomodir keberatan masyarakat. “Kenapa KPU tidak mau membuka C1 Plano. Kalau tidak ada penggelembungan kenapa takut membuka kotak suara. Ini telah terjadi penghianatan terhadap suara rakyat dan indikasi kutak katik suara. Untuk apa rakyat ke TPS kalau akhirnya KPU yang harus menentukan arah suara rakyat,” seru Miko.

Terkait hal itu, Miko desak harus dilakukan bongkar Plano. “KPU jangan tutup mata terkait kasus ini, KPU harus menjalankan rekomendasi Bawaslu untuk dilakukan buka plano,” cetusnya seraya menyampaikan harapannya KPU Sumut pun dapat melakukan buka C1 Plano.

Pada kesempatan itu, massa ngotot mau jumpa KPU namun dihalagi petugas Kepolisian dan terjadi aksi dorong mendorong. (lamru)